Kamis, 29 Maret 2012

VIRUS VALENTINE'S DAY

Waktu telah menunjukkan pukul 22.00 saat jendela chat muncul di FB yang sedang kubuka.
“Haiiiii….”
Aku mendesah.
Ini orang yang ketiga setelah dua orang berturut-turut mengajak chatting. Padahal aku sedang membaca note yang di tag teman facebook-ku yang berasal dari Korea. Namanya, Lee Young Jae.
Dia orang Korea yang sedang menuntut ilmu di Harvard. Bahasa Inggrisnya bagus dan sudah lumayan fasih. Selama ini kami bercakap-cakap dalam dua bahasa. Bahasa Inggris juga bahasa Korea. Bahasa Koreaku yang masih belepotan. Sering ia betulkan.
Untuk kebaikannya sudi mengajarkanku bahasa Korea yang baik dan benar, aku pun mengajarkan dia bahasa Indonesia. Jadi kami barter. Dia mengajariku bahasa Korea, sedangkan aku mengajari dia bahasa Indonesia.
Dia ingin lancar bahasa Indonesia, karena dia ingin jalan-jalan ke Pulau Dewata. Pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Korea. Dan yang membuatnya ingin ke Bali adalah setelah melihat keindahan pulau Bali yang berada di Indonesia itu melalui drama Korea yang berjudul Memory of Bali ditayangkan di stasiun teve di Korea. Keindahan pemandangan Bali dalam drama itu membuatnya takjub.
“Kang Dey…”
Kembali jendela chat berteriak memanggilku.
”Ya, ada apa?”
”Aku mau curhat nih. Boleh, kan?”
Aku menghembuskan nafasku perlahan.
Baiklah, note Young Jae bisa menunggu. Nanti aja bacanya. Orang ini sepertinya butuh bantuan...
“Kenapa harus curhat padaku?”
Aku memancing. Siapa tau dia cuma iseng, nanya ini-itu. Bukan buat curhat. Seperti kebanyakan orang chat yang ngalor-ngidul. Blas, ngga ada manfaatnya. Buang-buang waktu.
“Aku udah baca note2 punya Kang Dey. Seru dan bagus. Bahasanya mengalir. Enak bacanya. Renyah deh..”
Nah, loh. Renyah-renyah, emangnya makanan hehe.
Hidungku langsung mekar.
”Kayaknya Kang Dey itu orangnya lucu abis, kocak tapi pinter meramu kata-kata”
Kocak-kocak, lucu pula. Emangnya aku pelawak, iiisshhh…orang yang sekian nih yang ngatain aku lucu huhu…nasib jadi orang tukang ngocol!
”Makasih atas pujiannya. Tapi kamu kan belum lihat karakter aku yang sebenarnya. Itu kan hanya tulisan saja”
”Tapi feeling-ku mengatakan bahwa Kang Dey adalah orang yang seru, baik dan humoris. Titik!”
Maksa sekali, ahihiiii...
”Baiklah, terserah kamu saja haha...”
”Apaan sih, Kang Dey. Jadi, boleh nih curhat?”
“Boleh saja  habisnya ngga enak, tar kamu kecewa lagi. Padahal kamu udah muji-muji aku barusan haha...”
”Kang Dey bisa aja, hehe...”
”Sok atuh cerita!”
”Sok atuh itu apaan, Kang Dey? Aku ngga ngerti”
”Oh, artinya silakan cerita. Itu bahasa sunda. Kang Dey kan orang sunda”
“Oh, begitu. Kang Dey tau kan, sebentar lagi tanggal 14 Februari?”
”Tau dong. Anak TK juga tahu hehe. Emang kenapa dengan tanggal itu, kamu mau nikah? ”
“Nikah apaan? Aku kan masih ijo, masih SMP, Kang Dey. Masa iya nikah. Bukan itu”
Ia memasukkan icon emotion cemberut tujuh biji diakhir kalimat.
Oh, masih SMP ya…kirain…
Kuklik foto disudut jendela chat. Lalu kulihat profilnya. Ternyata benar, dia masih bocah. Namanya, Aulia Rahma. Umurnya empat belas tahun.
“Maaf. Kang Dey baru tau kalau kamu anak SMP. Emang ada apa dengan tanggal dan bulan itu? Serius amat kayaknya....”
Aku bertanya serius.
”Hari Valentine’s Day, Kang”
Gubraaaak...! Kirain apa?
”Lalu?”
”Kok lalu sih, Kang Dey. Apa yang harus aku lakukan untuk menyabut hari berwarna merah jambu itu? Tinggal seminggu lagi kan”
Harus gitu, menyambut-nyambut segala…kalo bulan puasa sih bagus disambut, lha, ini…
”Emangnya, kalo seminggu lagi kamu mau apa?”
”Kok mau apa? Kang Dey ngaco, ah”
”IIIIsssshhhh....”
”Apa? Weee...”
”Kamu tau, apa Valentine’s Day itu, Dek?”
”Hari kasih sayang, kan?”
”Bukan itu. Maksud Kang Dey, sejarah dari Hari Kasih Sayang itu, kamu tau nggak?”
”Meneketehe!”
”Nggak tau kok, ikut-ikutan merayakannya”
”Ya, nggak pa-pa kan. Meramaikan suasana ”
Meramaikan, pasar malem kali ramai...
”Kamu mau tau ngga, sejarah dari Valentine’s Day”
”Kang Dey tau, ya. Mau dong, Kang. Please, give me know! Aku kan paling males belajar sejarah. Tapi kalau diceritain sih mau-mau aja”
”Begini sejarahnya...”
Kuceritakan secara singkat tentang apa itu Valentine’s Day.
Valentine’s Day yang asal muasalnya itu peringatan kematian pendeta yang kasmaran, kini jadi perayaan yang digandrungi kaum muslim. Hanya karena mereka nggak tau apa itu Valentine’s Day.
Banyak versi mengenai peringatan hari kasih saying ini. Ada versi yang mengatakan bahwa pendeta bernama Saint Valentine yang dihukum mati oleh kaisar Claudius II. Penguasa Romawi abad ke-3 Masehi ini menganggap sang pendeta bersalah karena memberkati sepasang remaja yang terlanjur bergaul bebas. Dan sebelum menikah dia meninggalkan surat pada kekasihnya yang isinya antara lain__be my valentine.
Ada juga versi lain peringatan hari kasih sayang ini dikaitkan dengan sebuah pesta bernama Lupercalia. Pesta ini ajang mencari jodoh masyarakat Romawi kuno. Muda mudi berkenalan dan bercinta dalam pesta tersebut.
Jadilah 14 Februari diperingati sebagi hari bercinta. Bercinta yang diplesetkan jadi kasih sayang. Yang intinya sih membiasakan hubungan bebas dengan lawan jenis.
Masa hari buat orang berbuat mesum kok dirayakan. Kalau buat non-muslim sih, silakan aja. Itu mah urusan mereka. Tapi bagi kita yang muslim, ngga banget kale.
”Oh, begitu ya, Kang. Trus, gimana, Kang?”
”Kamu muslim, kan?”
”Iya, dong muslim. Islam. Di KTP doang sih, haha...”
Aku tersenyum lebar.
Bisa juga nih bocah ngelucu...
”Sebaiknya kita jangan ikut-ikutan merayakannya, Dek”
”Kenapa, Kang. Kan cuma ikut-ikutan merayakan doang. Tanpa ada maksud apa-apa”
”Meskipun ngga ada maksud apa-apa, tetap aja ngga boleh, Dek. Itu budaya non-muslim. Nabi kita melarang kita mengikuti suatu kaum. Karena kalo kita ngikutin budaya suatu kaum, maka kita akan digolongkan sebagai kaum mereka. Jadi kalo kaum kafir punya budaya apa gitu misalnya, trus kita ngikutin apa yang mereka lakukan. Maka, kita termasuk golongan mereka”
”Oh, begitu ya, Kang. Aku baru tau. Syerem banget, ya. Kalau kita sampai digolongkan ke dalam golongan orang kafir. Ngga mau ah, Kang. Walaupun Islam Rahma masih KTP, tapi aku ngga mau kalo harus digolongkan golongan orang kafir, hiiiiyyy...”
Aku menghembuskan nafasku. Lega. Nasehatku masuk. Alhamdulilah.
”Tapi gimana ya, Kang”
”Apa lagi yang gimana? ”
”Pacarku ingin merayakannya”
Bujug, pacar? Katanya masih ijo, kok udah pacaran...
”Emangnya kamu punya pacar, Dek?”
”Iya dong, Kang. Masa hari gene masih jomblo. Ngga banget. Tar aku galau lagi hihi...”
”Kenapa juga harus pacaran?”
”Lha, temen-temen aku udah pada punya pacar semua. Masa aku engga, Kang Dey. Tar aku kesepian dong. Merana karena dari musim duren sampe musim rambutan, ngga laku-laku”
”Itu mah lagu. Ckckck...berarti kamu ikut-ikutan lagi dong. Seperti Valentine’s Day. Kamu pacaran juga karena ikut-ikutan. Latah itu namanya”
”Iya sih. Emang kenapa, Kang? Ngga boleh gitu, kita ikutan orang?”
“Boleh-boleh aja ikutan orang, selama yang diikutin itu bener. Hal-hal yang positif. Bermanfaat. Tapi kalau yang negatif. Dan ngga bener mah jangan atuh”
”Emang pacaran itu negatif, Kang Dey?”
”Tentu saja”
”Kok bisa?”
”Bisa dong. Kalo Kang Dey boleh tau, kamu dan pacar lakuin selama pacaran apa aja?”
“Apa, ya. Ketemuan dimana gitu. Bisa di bioskop, mall, museum, toko buku, kantin sekolah, ruang kelas kalo lagi sepi atau taman kota. Kita ngobrol apaaaa aja”
“Pas ngobrol, maaf nih, ya. Pernah ngga, cowok kamu itu pegang tangan misalnya”
“Hahaha…pegang tangan sih sering kali, Kang Dey. Namanya juga orang pacaran. Masa iya, mau jauh-jauhan. Itu sih orang musuhan hehe. Bahkan lebih dari itu juga pernah”
Aku terperangah.
Lebih dari itu, apa maksudnya?
”Misalnya?”
”Dia sering belai-belai rambut aku, peluk aku, rangkul aku, juga...cium aku...”
Lututku mendadak lemas.
”Bahkan dia pernah ajak aku Ml, Kang Dey”
Aku terperangah.
”Kamu mau?”
Aku bertanya dengan dada berdebar-debar.
”Enggalah, Kang Dey. EMANGNYA AKU CEWEK APAAN. Tar kalo aku hamil gimana? Aku kan masih belia. Jalanku masih panjang. Aku masih ingin kuliah dan kerja. Pengen bahagiain ortuku. Tar kalo hamil, harus nikah dong hikkk hikk...ngga banget”
Syukurlah, aku jadi lega.
”Kalo kamu udah tau bahaya pacaran itu begitu, kenapa kamu masih pacaran juga”
”Yang pentingkan aku bisa jaga diri, Kang Dey”
”Jaga diri apaan? Kalau dia masukkin obat tidur di minuman kamu trus kamu di...gimana? tekdung, deh... ;(”
”Amit-amit, jangan sampe Kang Dey”
”Kalo kamu ngga mau hal itu terjadi ma kamu, sebaiknya kamu ngga usah pacaran deh. Ibarat bermain api, kamu bisa kena asepnya, kena panasnya juga bisa terbakar. Dengan resiko sebesar itu ngapain kamu maju terus. Padahal tujuan hidup kamu ke depan udah kamu rancang sebaik mungkin. Kuliah, kerja dapet duit buat bahagiain ortu. Kenapa juga harus kamu isi dengan hal-hal yang akan membuat rencana itu bisa berantakan”
”Iya sih. Tapi aku pacaran kan karena ikut-ikutan aja”
”Dari pada ikut-ikutan orang, mending jadi diri sendiri aja deh. Lebih nyaman dan aman. Kalo yang dicontoh dan diikutinnya bener sih, ngga pa-pa. Nah, kalo yang ngga bener, bisa amburandul plus ngga karu-karuan deh kamu”
”Mending kamu belajar yang bener. Raih prestasi sebanyak mungkin. Dari pada pacaran yang hanya buang-buang waktu. Tenaga. Pikiran. Perasaan. Belum lagi tekanan batin karena cemburu dan patah hati. Ribet. Korban perasaan. Makan ati. Cape deh”
Bahkan ada yang bunuh diri segala. Beritanya lagi marak di teve. Bunuh diri gara-agara putus cinta. Bunuh diri karena hamil oleh pacar. Tapi ngga tega ngomongnya.
”Nyari yang santai-santai aja sih hidup mah. Jangan khawatir ngga laku, Dek. Jodoh kamu udah disediakan Allah, tinggal nunggu saatnya yang tepat aja. Nanti kalau sudahnya saatnya juga, kamu akan menemukan pasanganmu tanpa melalui pacaran segala. Yang penting kamu yakin aja. Kang Dey aja nikah tanpa pacaran kok hehe...”
”Dan kamu jangan sok kuat deh. Bisa jaga diri dalam berpacaran segala. Inget, Dek. Setan selalu mengganggu manusia dari berbagai celah. Sekali aja ada celah kosong, dia akan segera memasukinya. Dan segera membuat makar supaya kamu terjerumus, mengikuti jalannya. Mau kamu temenan ma setan. Kang Dey sih ogah”
”Aku juga ogah, Kang Dey”
”Kalo kamu ogah setan ikut andil dalam hidupmu, maka segerakan untuk melakukan hal-hal positif, hal-hal baik yang akan membuat setan lari bahkan terbirit-birit karena kamu ogah diajak untuk sejalan dengannya. Setan seneng banget ma anak seumuran kamu. Karena anak seumuran kamu, katanya sih masih mencari jati diri yang katanya hilang. Nggak jelas, ilang kemana hehe”
”Seneng nyari perhatian, suka dengan lawan jenis, meniru selebritis, nyari idola buat dicontek gaya rambut, gaya berpakaian juga gaya hidupnya yang kadang-kadang ngga sesuai dengan budaya juga agama kita. Emosi anak seumuran kamu juga belom stabil, masih meledak-ledak. Grusa-grusu tanpa aturan. Nah, semuah sifat-sifat itu akan jadi peluang empuk untuk setan buat menggoda kamu”
Puas aku memberondongkan semua saran plus nasehat buatnya. Nafasku ngos-ngosan. Lupa ambil nafas saat menulis karena terbawa emosi.
Lama sekali. Tidak ada jawaban di layar chat. Aku menduga-duga.
Jangan-jangan dia tersinggung. Tapi, bodo ah. Aku kan hanya ngasih saran doang. Diterima, syukur. Kalo ngga, kebangetan hehe.
Kututup jendela chat.
Lalu aku pun mulai membaca kembali note yang di tag Lee Young Jay. Dia menjelaskan tentang penggunaan (eul, reul, i dan ga) pada kalimat dalam bahasa Korea. Juga contoh-contohnya.
”Makasih banyak saran dan nasehatnya, Kang Dey”
Jendela chat muncul lagi.
Rahma? Sykurlah, dia ngga marah...
”Iya, sama-sama. Lama banget balesnya. Kirain kamu marah hehe...”
”Kenapa harus marah? Apa yang kang Dey tulis itu benar semuanya. Aku aja yang selama ini bebal. Sebenarnya aku juga udah ngerasa ngga nyaman pacaran, Kang Dey. Tapi aku tetap memaksakan diri pacaran supaya aku ngga diejek temen2 sebagai cewek ngga laku karena ngejomblo”
”Bener kata kang Dey. Aku mau, be my self aja deh. Menjadi diri sendiri aja. Capek jadi orang lain. Ikut-ikutan orang. Kesannya aku jadi robot dalam kehidupanku ini. Padahalkan aku manusia bebas. Bebas mengeekspresikan diriku sendiri. Mau ngapain kek. Selama itu benar dan positif, kenapa ngga. Aku hidup kan buat aku, orang tuaku, dan juga masa depanku. Jadi buat apa ikut-ikutan orang kalo itu ngga ada manfaatnya buatku”
”Sip! Itu baru namanya pelajar yang oke! Akan kang Dey dukung dan bantu doa agar masa depanmu gemilang. Semangat!”
”Semangat! Haha...”
”Trus, pacarmu gimana, Dek?”
Aku meledeknya.
”Putus aja lah. Ngapain juga. Toh, selama jalan sama dia juga aku nggap dapet kesenangan apa pun. Dia terlalu banyak minta ini-itu. Merajuk kalo permintaannya ngga dikabulin. Males, ah. Dia manja dan menyebalkan. Kalo jalan dan makan aja seringnya aku yang ngeluarin duit. Bukannya aku peritungan, Kang Dey. Tapi kan seharusnya gantian gitu. Dia sih ngga. Maunya akuuuu aja. Banyak alesannya. Kayaknya banyak bo’ongnya juga deh. Dan baru sekarang ma aku kepikiran, kalo dia suka ngibul”
”Dia pikir hanya karena dia ganteng. Idola para cewek di sekolah. Lantas mau seenaknya aja memanfaatkan kelebihannya itu untuk menjeratku dalam kata-kata gombal bernada cinta. Huh, nyesel baru insyaf sekarang. Makasih ya, kang Dey. Sekarang aku lega. Pikiranku udah terbuka lebar. Aku ngga mau beresiko untuk hal-hal yang negatif”
”Wow, Rahma sudah mulai beranjak dewasa. Begitulah orang pacaran. Hanya sifat yang baik-baik saja yang mereka perlihatkan. Mereka cendrung bertopeng. Agar terlihat baik dan sempurna supaya pasangannya bertekuk lutut dan semakin cinta”
”Iya, Kang Dey yang membuatku dewasa dalam semalam haha”
Kami pun tertawa bersama. Di rumah masing-masing. Di depan komputer masing-masing. Tapi di dunia maya yang sama. Dan pikiran positif yang sama.
Balaraja, 07 Februari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar